Academic Information System In Improving The Quality Of Education
Keywords:
Information System, prototype, education, academicAbstract
Lembaga Pendidikan segala tingkatan termasuk Kelompok Bermain (KB) membutuhkan sistem informasi akademik yang dapat membantu meningkatkan kualitas pendidikan yang unik. Perbedaan inilah yang membuat pengembangan sistem informasi akedemik pada tingkat KB menjadi jarang dan sulit sekali ditemukan . hal ini juga yang dialami oleh Kelompok Bermain Radiyatam Mardhiyyah Desa Baginda. Kegiatan akademik yang ada di lembaga ini masih dijalankan manual. Berdasarkan uraian permasalahan tersebut, penelitian ini bertujuan untuk merancang sistem informasi akademik pada lembaga tersebut. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara. Adapun manfaat dari perancangan sistem informasi ini yaitu sebagai acuan untuk pengembangan atau pembuatan sistem informasi akademik, untuk memberikan gambaran yang jelas dan rancang bangun yang lengkap kepada programmer, pengumpulan informasi yang telah dibuat dapat disajikan sebagai pemetaan informasi bagi para pengguna informasi di lingkungan Kelompok Bermain, serta untuk mengubah informasi yang sudah terkumpul selama proses analisis menjadi model yang menampilkan solusi untuk pembuatan sistem. Metode perancangan sistem menggunakan metode prototype. Pengujian yang dilakukan dengan menjalankan sistem dan masukan, berbagai masukan tiap-tiap fungsi dan fasilitas yang dimiliki sistem dan melihat apakah hasil output-nya sesuai dengan yang diharapkan atau sebaliknya. Dan kesimpulannya adalah perancangan sistem informasi ini dapat mengubah, mengorganisir dan membentuk komponen dan solusi sistem akhir semingga memiliki blueprint untuk membangun sebuah sistem
References
-
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2020 J-Sin's - Jurnal Sistem Informasi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
You are free to:
- Share— copy and redistribute the material in any medium or format
- Adapt— remix, transform, and build upon the material
The licensor cannot revoke these freedoms as long as you follow the license terms.
- Attribution— You must give appropriate credit, provide a link to the license, and indicate if changes were made. You may do so in any reasonable manner, but not in any way that suggests the licensor endorses you or your use.
- NonCommercial— You may not use the material for commercial purposes.
- ShareAlike— If you remix, transform, or build upon the material, you must distribute your contributions under the same license as the original.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.