Sistem Otomatisasi Proses Skripsi

  • Muhammad Agreindra Helmiawan STMIK Sumedang
  • Fidi Supriadi STMIK Sumedang
Keywords: Sistem, Otomatisasi, Proses, Skripsi

Abstract

Skripsi merupakan salah satu syarat untuk menyelesaikan perkuliahan untuk jenjang S1. Salah satu Perguruan tinggi yang meyelenggarakan akademik jenjang S1 adalah STMIK Sumedang, namun jika kita lihat STMIK Sumedang yang merupakan kampus Teknik Informatika dan Teknologi Informasi dalam hal pemanfaatan teknologinya belum maksimal, salah satu yang belum menggunakan teknologi adalah proses skripsi yang dilaksanakan di STMIK Sumedang. Mulai dari pengajuan judul sampai proses skripsi selesai semua prosesnya  masih konvensional yang memerlukan banyak sekali waktu, bahan kertas dan tidak dapat dilakukan bimbingan secara realtime. Melalui penelitian ini, penulis melakukan Analisa dan Perancangan untuk membuat semua proses skripsi terotomatisasi. Sistem otomatisasi skripsi ini menggunakan beberapa teknik dan metode yang dibutuhkan dalam perancangan perangkat lunak. Untuk metode aliran data sistem menggunakan metode berorientasi objek yaitu menggunakan UML dalam menggambarkan diagram usecase, diagram Activity, diagram Sequence, dari hasil penelitian yang telah dilakukan terhadap masalah yang ditemukan yaitu sistem dapat dikembangkan menggunakan codeigniter (framework php). Penggunaan framework ini dipilih karena media tersebut dapat dikases melalui semua perangkat sehingga kemudahan dalam hal penyampaian informasi lebih efektif. Dari hasil penelitian ini menghasilkan sistem otomatisasi yang dapat menghemat waktu maupun biaya, semua elemen yang terkait akan merasa diuntungkan, karena sistem otomatisasi ini mencakup seluruh proses skripsi mulai dari pengajuan judul sampai proses sidang selesai sampai proses yudisium

Downloads

Download data is not yet available.

References

I. K. A. E. Nugraha, K. Agustini, S. Si, M. Si, and I. G. P. Sindu, “Analisis Pemanfaatan E-Learning Sebagai Knowledge Management Dalam Mendukung Proses Pembelajaran Di Jurusan Pendidikan Teknik Informatika Undiksha,” Kumpul. Artik. Mhs. Pendidik. Tek. Inform. (ISSN 2252-9063), vol. 6, no. 1, 2017.

H. Santoso and S. Sos, “Pencegahan dan Penanggulangan Plagiarisme dalam Penulisan Karya Ilmiah di Lingkungan Perpustakaan Perguruan Tinggi,” Hari Santoso, S. Sos, vol. 1, pp. 1–23, 2015.

M. Tschuggnall and G. Specht, “From plagiarism detection to bible analysis: The potential of machine learning for grammar-based text analysis,” in Joint European Conference on Machine Learning and Knowledge Discovery in Databases, 2016, pp. 245–248.

E. Gharavi, K. Bijari, K. Zahirnia, and H. Veisi, “A Deep Learning Approach to Persian Plagiarism Detection.,” in FIRE (Working Notes), 2016, pp. 154–159.

A. Rosyadi, A. Z. Arifin, and D. Purwitasari, “Pengklasteran Berbasis Segmen Menggunakan Paragraf Untuk Identifikasi Topik Pada Deteksi IndikasiPlagiarisme,” J. Inspir., vol. 6, no. 2, 2016.

M. A. Helmiawan, “Thesis Process Automation System,” PPMRTI, vol. 12, no. 1, 2018.

Published
2019-11-15
How to Cite
Helmiawan, M. A., & Supriadi, F. (2019). Sistem Otomatisasi Proses Skripsi. Infoman’s : Jurnal Ilmu-Ilmu Manajemen Dan Informatika, 13(2). https://doi.org/10.33481/infomans.v13i2.73
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)