Implementasi Messaging System Untuk Aplikasi Rekam Medis Digital

  • Irfan Fadil STMIK Sumedang
  • Fidi Supriadi STMIK Sumedang
Keywords: Big Data, Digital Medical Record, Laravel Application, Messaging System

Abstract

Sesuai dengan peran dalam memberikan pelayanan dalam bentuk digital. Beberapa Aplikasi bermunculan untuk dapat menangani kebutuhan data tradisional beralih ke data digital. Salah satunya aplikasi aplikasi rekam medis digital. Pada aplikasi ini digunakan untuk menyimpan semua history pasien dalam bentuk data digital. Biasanya aplikasi ini menggunakan arsitektur client-server. Akan tetapi, penggunaan aplikasi ini mempunyai lalu lintas data yang cukup tinggi sehingga apabila menggunakan client-server dapat menyebabkan adanya data collision dan dapat mengganggu stabilitas dari aplikasi tersebut. Sehingga diperlukan arsitektur lain yang dapat menangani hal tersebut. Salah satunya dengan menggunakan messaging system dengan Rabbit MQ. Penelitian ini bertujuan untuk dapat mengimplementasikan Rabbit MQ pada aplikasi rekam medis digital. Sehingga lalu lintas data yang akan masuk ke dalam database tidak terjadi collision karena semua diantrikan terlebih dahulu oleh Rabbit MQ. Hasilnya Implementasi ini dapat diterapkan dengan menggunakan Framework PHP Laravel. Proses Messaging System Hanya dilakukan pada saat pengguna memasukan perintah insert pada database. Berdasarkan implementasi ini, setiap data yang akan masuk ke database aplikasi akan diarahkan terlebih dahulu ke dalam messaging system. Setelah itu messaging sistem yang akan mengalirkan data tersebut ke database. Pada implementasi ini hanya baru dibuat satu consumer dan satu producer.

Downloads

Download data is not yet available.

References

[1] Effendy, M. (2015). Sistem Informasi Pendaftaran Rawat Inap Pada Rumah Sakit Permata Bekasi. Jurnal Fakultas Komputer Jurusan Sistem Informasi Universitas Mohammad Husni Thamrin Jakarta.
[2] Ellis, J. ., Heidi, Nevada, & Fernando, J. (2009). Software Engineering: Effective Teaching and Learning Approaches. Hershey: IGI Global.
[3] Haryadi, D., & Solikhah. (2013). Evaluasi Sistem Informasi Pendaftaran Pasien Rawat Jalan Di Rumah Sakit Umum Pku Muhammadiyah Bantul. Jurnal Fakultas Kesehatan Masyarakat, Evaluasi S.
[4] J.F, D. (2008). AndroidTM: A Programmer’s Guide. New York: Mc Graw Hil.
[5] Juvianno, E., Primananda, R., & Amron, K. (2019). Implementasi Sistem Pemantauan Suhu dan Kelembapan Udara Berbasis Protokol AMQP. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 3(4), 3557–3562.
[6] Meinawati, D. K. (2013). Sistem Informasi Administrasi Dan Pendaftaran Pasien Pada Rumah Sakit Ibu Dan Anak Sadewa. Jurnal Fakultas Ilmu Komputer UDINUS.
[7] S. Pressman, R. (2010). Rekayasa Perangkat Lunak : Pendekatan Praktisi. Yogyakarta: Andi.
[8] Shailesh, S., Joshi, K., & Purandare, K. (2018). Performance analysis of RabbitMQ as a Message Bus. IJIRCCE, 6(1).
Published
2019-12-16
How to Cite
Irfan Fadil, & Fidi Supriadi. (2019). Implementasi Messaging System Untuk Aplikasi Rekam Medis Digital. Infoman’s : Jurnal Ilmu-Ilmu Manajemen Dan Informatika, 13(2). https://doi.org/10.33481/infomans.v13i2.72
Section
Articles