Implementasi E-Lapor Bencana Berbasis Android pada Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sumedang

  • Yopi Hidayatul Akbar Akbar STMIK Sumedang
  • Fathoni Mahardika Fathoni STMIK Sumedang
Keywords: e-Lapor, Bencana, BPBD Kabupaten Sumedang, Prototype.

Abstract

E-Lapor Bencana merupakan salah satu aplikasi yang dibangun berdasarkan kebutuhan untuk menanggulangi bencana alam yang terjadi di wilayah kabupaten Sumedang, aplikasi e-lapor bencana ini dilengkapi dengan fitur pelaporan informasi bencana yang terjadi oleh masyarakat disertai dengan titik wilayah bencana itu terjadi berdasarkan Google Maps yang didukung perangkat GPS yang tersedia di perangkat seluler dalam hal ini Android. Selain itu aplikasi e-lapor bencana disertai juga dengan foto dan identitas pelapor secara valid yang dapat memudahkan petugas dari pihak BPBD kabupaten Sumedang untuk dapat menindaklanjuti bencana yang terjadi dengan respon cepat. Pada penelitian ini penulis menggunakan metode prototype alasan menggunakan prototype adalah karena metode tersebut dianggap cocok dalam mengembangkan aplikasi berbasis android. Aplikasi E-lapor bencana berbasis Android ini dibuat untuk dapat membantu masyarakat dalam memberikan laporan terkait bencana alam yang terjadi di wilayah kabupaten Sumedang, aplikasi e-lapor bencana ini dapat memberikan informasi bencana alam dengan didukung fasilitas Google Maps yang disertai pelaporan langsung menggunakan titik wilayah bencana dengan perangkat GPS pada perangkat seluler para pengguna yang melaporkan dapat secara akurat dan valid untuk berbagi informasi disertai foto kejadian bencana alam yang terjadi. Aplikasi e-lapor bencana ala mini diharapkan dapat memberikan dampak positif dan membantu masyarakat dalam melaporkan kejadian bencana alam secara realtime.

Downloads

Download data is not yet available.

References

[1] A. Pavlichev and G. D. Garson, Digital government : principles and best practices. Idea Group Pub, 2004.
[2] G. D. Garson, “The Promise of Digital Government,” in Digital Government, IGI Global, 1AD, pp. 2–15.
[3] R. Indonesia, “Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2007 tentang Penanggulangan Bencana.” Lembaran Negara Republik Indonesia tahun 2007 nomor 66.
[4] Mulyadi, Membuat aplikasi untuk ANDROID. Yogyakarta: Multimedia CenterPublishing, 2010.
[5] N. Safaat, Pemrograman Aplikasi Mobile Smartphone dan Tablet PC Berbasis Android. Bandung: Informatika, 2011.
[6] G. Marko, Learning android. O’Reilly Media, Inc, 2011.
[7] K. Akhmad Dharma, Kolaborasi Dahsyat Android dengan PHP & MYSQL. Yogyakarta: Lokomedia, 2013.
[8] F. Mahardika and D. Octaviana, “Sistem Informasi Geografis Kondisi Jalan di Kabupaten Sumedang Berbasis Android,” Infoman’s J. Ilmu-ilmu Manaj. dan Inform., vol. 13, no. 1, pp. 33–43, 2019.
[9] F. Mahardika and Y. Hidayatul, "Penerapan Metode Prototype Dalam Perancangan Aplikasi E-Lapor Bencana BPBD Sumedang Berbasis Android. "Jurnal Infotekmesin, vol.10, no.1, pp, 28-32, 2019.
[10] A. Kadir, Pengenalan Sistem Informasi Edisi Revisi. Yogyakarta: Andi, 2014.
[11] SEVOCAB: Software and Systems Engineering Vocabulary. Term: Flow chart. Retrieved 31 July 2008
[12] Situs https://bnpb.go.id/home/definisi diakses tannggal 8/10/2019
Published
2019-12-16
How to Cite
Akbar, Y. H. A., & Fathoni, F. M. (2019). Implementasi E-Lapor Bencana Berbasis Android pada Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sumedang. Infoman’s : Jurnal Ilmu-Ilmu Manajemen Dan Informatika, 13(2). https://doi.org/10.33481/infomans.v13i2.71
Section
Articles