Pengaruh Interactive Marketing Dan Personal Selling Terhadap Loyalitas Pelanggan

Authors

  • Rani Rahmayani Bina Sarana Informatika (BSI)

DOI:

https://doi.org/10.33481/infomans.v10i1.52

Keywords:

Interactive Marketing, Personal Selling, Loyalitas Pelanggan

Abstract

Mempertahankan loyalitas pelanggan sekarang ini sangatlah sulit karena perkembangan pesat teknologi informasi (IT). Pemanfaatan tersebut terutama teknologi internet telah menciptakan pelanggan yang lebih banyak menuntut dan mengharapkan untuk dapat membeli kapan pun, di mana pun, serta bagaimana pun mereka menginginkannya. Sebagai perusahaan yang bergerak dalam bidang jasa, JNE sangat serius mengelola hubungannya dengan pelanggan. Hasilnya pun terlihat dengan diapresiasinya JNE menjadi salah satu nominasi dalam pengukuran suatu keberhasilan sebuah perusahaan dalam kategori website jasa kurir digital marketing karena mempunyai sistem teknologi terintegrasi My Orion. Kesuksesan JNE didukung juga dengan sistem keagenan. Para agen inilah yang menjadi front line. Orang-orang yang berhubungan langsung dengan para pelanggan. Media ini berpotensi berkembang dengan baik di Indonesia karena hubungan antarpribadi di Indonesia relatif lebih mudah dan sudah berjalan sejak lama. Metode yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian survei eksplanasi (explanatory survey). Metode pengambilan sampel dilakukan secara acak sederhana (simple random sampling) dan penentuan jumlah sampel dihitung menggunakan rumus Slovin. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner atau angket tertutup kepada 98 responden pengunjung agen JNE Cipadung yang terpilih sebagai sampel kemudian data dianalisis menggunakan analisis jalur berdasarkan pendekatan SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa interactive marketing, personal selling, dan loyalitas pelanggan saling berhubungan positif dan signifikan. Interactive marketing memiliki pengaruh langsung secara langsung secara positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan (Y) dengan koefsien jalur sebesar 0,444 pada tingkat signifikansi di bawah 0,05 (0,000<0,05). Personal selling memiliki pengaruh langsung secara langsung secara positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan (Y) dengan koefsien jalur sebesar 0,565 pada tingkat signifikansi di bawah 0,05(0,00<0,05). Kata kunci :  interactive marketing, personal selling, loyalitas pelanggan

Downloads

Download data is not yet available.

References

Angelina, C. (2009, Agustus). "Pengaruh Kepuasan Konsumen terhadap Loyalitas pada Rocketz Live Coffee Surakarta". Retrieved Juni 13, 2014, from http://www.google.co.id/url?sa=t&rct=j&q=&esrc=s&source=web&cd=2&ved= 0CCYQFjAB&url=http%3A%2F%2Feprints.uns.ac.id%2F2752%2F1%2F1677 20509201008211.pdf&ei=75jwU--FJ4a3uATYnIGIDA&usg=AFQjCNGz9dud9uPPplvghAcPxZDMcGmVw&sig2=Cotzsd5UV2GtYIcy_Ykvig&bvm= bv.73231. Diakses pada 13 Juni 2014.
Anonim. (2013, Juli 4-17). "Menatap Era Baru Efisiensi Waktu Lewat TI". Majalah SWA , p. 24.
Anonim. (2012, Desember). "The Best Product Digital dan Website Methodology". Majalah Marketing , p. 42.
Anonim. (2012, Desember). "Website Pintu Kesuksesan Merek". Majalah Marketing , p.
38.
Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian:Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Ariyanti, M. (1999). "Interactive Marketing Sebagai Salah Satu Alternatif Meningkakan Daya Saing". Retrieved Mei 9, 2014, from Fokus:Jurnal Akuntansi dan
Manajemen Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Bandung:
http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/bitstream/handle/123456789/1693/conte nt.pdf?sequence=1. Diakses pada 9 Mei 2014.
Ariyanti, M. (1999). "Interactive Marketing Sebagai Salah Satu Alternatif Meningkakan
Daya Saing". Retrieved Mei 9, 2014, from Fokus:Jurnal Akuntansi dan
Manajemen Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Bandung:
http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/bitstream/handle/123456789/1693/conte nt.pdf?sequence=1. Diakses pada 9 Mei 2014.
Griffin, J. (2005). Customer Loyalty:Menumbuhkan&Mempertahankan Kesetiaan Pelanggan. Jakarta: Erlangga.
Hermawan, A. (2012). Komunikasi Pemasaran. Jakarta: Erlangga.
Irawan, I. (2008, Oktober). Analisis Tanggapan Konsumen terhadap Program Pemasaran
Interaktif Klenger Burger (Studi pada website, blog, friendster Klenger Burger).
Retrieved Agustus 15, 2014, from Lontar, UI:
http://www.google.co.id/url?sa=t&rct=j&q=&esrc=s&source=web&cd=2&ved= 0CB8QFjAB&url=http%3A%2F%2Flib.ui.ac.id%2Ffile%3Ffile%3Ddigital%2F 123082-SK-001%252008%2520Ira%2520a-Analisis%2520tanggapan%2520%2520Literatur.pdf&ei=KRjuU7P1K8Hc8AWw2YHgDQ&usg=AFQjCNFo.
Diakses pada 15 Agustus 2014.
Kotler, P. (2002). Manajemen Pemasaran Edisi Milenium 2. Jakarta : Prenhallindo.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2007). Manajemen Pemasaran Edisi 12 (Bahasa Indonesia ed., Vol. 2). PT Indeks.
Lovelock, H. C., & Wright, L. K. (2007). Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta: PT Indeks.
Manopol, Y. &. (2011, 24 November-7 Desember). "JNE Sukses di Kurir, Siap Garap Pasar Logistik". Majalah SWA , pp. 38-47.
Morrisan, M. (2012). Periklanan:Komunikasi Pemasaran Terpadu. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Pratiwi, R. (2013, Desember 27). CEO Interview "Johari Zein:JNE pikirkan 'The Next Big Thing' untuk Pelanggannya". Retrieved Mei 9, 2014, from Majalah SWA:
http://swa.co.id/ceo-interview/jne-pikirkan-the-next-big-thing-untukpelanggannya. Diakses pada 9 Mei 2014.
Rangkuti, F. (2010). Strategi Promosi yang Kreatif&Analisis Kasus integrated Marketing Communication. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Sarjono, H., & Julianita, W. (2013). SPSS vs LISREL:Sebuah Pengantar Aplikasi untuk Riset. Jakarta: Salemba Empat.
Silalahi, U. (2012). Metode Penelitian Sosial. Bandung: PT Refika Aditama.
Silalahi, U. (2012). Metode Penelitian Sosial. Bandung: PT Refika Aditama.
Soetojo, J. (2012). Jurus Kilat Mahir Internet:Dari Nol hingga Jago dalam Hitungan Menit. Jakarta: Dunia Komputer.
Solihat, A. (2011). Pengaruh Sumber Daya dan Kapabilitas. Bandung: Uniersitas Pendidikan Indonesia.
Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Bisnis. Bandung: ALFABETA.
Suryadi, D. (2013, 4-7 Juli). "Betapa Digdaya Merek Asli Indonesia". Majalah SWA , pp. 28-48.
Tanoso, H. (2013, November). "Website Mesti Sesuai Kebutuhan Konsumen". Majalah Marketing .
Wenats, A. E., & Kurniawaty Yusuf, d. (2012). Interagrated Marketing Communications:Komunikasi Pemasaran Di indonesia. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Wenats, A. E., Yusuf, K., K.Syarief, L., Widjanarko, P., Sudarmanti, R., Suraya, et al. (2012). Interagrated Marketing Communications:Komunikasi Pemasaran Di indonesia. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Wirahadian, I. (2009, 0ktober). "Pengaruh Program Kerelasia Pelanggan terhadap Nilai Pelanggan serta Implikasinya pada Loyalitas Pelanggan:Suatu Survei pada Pelanggan Hotel Perdana WIsata Bandung". Retrieved juni 13, 2014, from universitas widyatama: http://www.widyatama. Diakses pada 13 Juni 2014

Downloads

How to Cite

Rani Rahmayani. (2016). Pengaruh Interactive Marketing Dan Personal Selling Terhadap Loyalitas Pelanggan . Infoman’s : Jurnal Ilmu-Ilmu Manajemen Dan Informatika, 10(1), 45-58. https://doi.org/10.33481/infomans.v10i1.52

Issue

Section

Articles