Antisipasi Dampak Social Engineering Pada Bisnis Perbankan

Authors

  • Dani Indra Junaedi STMIK Sumedang

DOI:

https://doi.org/10.33481/infomans.v11i1.34

Keywords:

Perbankan, Hacker, Social Engineering, Keamanan Informasi, Nasabah

Abstract

Perkembangan teknologi informasi membuat institusi perbankan mengubah strategi bisnis dengan menempatkan teknologi sebagai unsur utama dalam proses inovasi produk dan jasa. Kecanggihan teknologi yang diterapkan oleh institusi perbankan telah diakui mampu menangkal potensi kejahatan perbankan yang dilakukan oleh hacker. Menyadari semakin canggihnya perlindungan sistem perbankan, hacker tidak hanya beroperasi di balik komputer untuk menyerang targetnya, mereka juga menghampiri targetnya secara langsung untuk mendapatkan informasi berharga yang mereka butuhkan sehingga dapat mengakses sistem yang terlindungi oleh benteng keamanan dan membuat penanganan keamanan apapun menjadi tidak berguna, cara seperti inilah yang biasa disebut sebagai Social Engineering. Dalam social engineering, si pelaku memanfaatkan sifat alamiah dari manusia. Hal ini diartikan bahwa betapa sifat alami manusia dapat diketahui dan dipelajari juga dimanfaatkan untuk tujuan tertentu. Kejahatan social engineering sangat membahayakan bisnis perbankan karena berpotensi menimbulkan kerugian finansial, reputasi dan hukum bagi bank dan nasabahnya melalui serangan fisik dan serangan psikologis. Untuk mengurangi resiko tersebut, bank perlu untuk melatih dan mendidik staf mereka mengenai ancaman keamanan dan bagaimana caranya mengenali dan mengantisipasi  serangan Social Engineering. Untuk mencegah dampak social engineering pada bisnis perbankan diperlukan langkah antisipatif melalui mencegah kebocoran password, keamanan akses informasi, verifikasi kontak, mengikuti prosedur, pelaporan tindakan mencurigakan, menjaga emosi, pelatihan berkelanjutan dan memberikan edukasi kepada nasabah

Downloads

Download data is not yet available.

References

[1] Indrajit, R. E. Seluk Beluk Teknik Social Engineering. (http://idsirtii.or.id/cyber-6/ diakses 04 Mei 2017).
[2] Rick Nelson, “Methods of Hacking: Social Engineering,” the Institute for Sistems Research, University of Maryland. (http://www.academia.edu /4903480/Methods_of Hacking-social Engineering), diakses 10 Mei 2017)
[3] How to Protect Insiders from Social Engineering Threats. (2006). (http://msdn.microsoft.com/en-us/library/cc875841.aspx, diakses 06 Mei 2017)

Downloads

Published

2017-05-15

How to Cite

Dani Indra Junaedi. (2017). Antisipasi Dampak Social Engineering Pada Bisnis Perbankan. Infoman’s : Jurnal Ilmu-Ilmu Manajemen Dan Informatika, 11(1), 1-10. https://doi.org/10.33481/infomans.v11i1.34

Issue

Section

Articles