Implementasi Metode Waterfall Pada Aplikasi Media Pembelajaran Huruf Hijaiyah Berbasis Android
Keywords:
Android, WaterfallAbstract
Mempelajari al-quran hukumnya wajib bagi setiap muslim, untuk dapat membaca perlu pengenalan huruf hijaiyah sejak dini. Karena itu banyak orang tua yang mulai mengajarkan baca tulis dan mengaji Al-Qur’an kepada anaknya salah satunya di Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Pengenalan huruf hijaiyah pada anak sangat perlu ditingkatkan baik secara intensitas dan medianya. Pembelajaran huruf hijaiyah sebagai ilmu dasar untuk membaca Alqur’an hal pertama yang dilakukan adalah mengenal dan hafal seluruh huruf hijaiyah. Dalam pembelajaran huruf hijaiyah sering kali media yang digunakan oleh guru dan orang tua hanya terbatas hanya pada buku pedoman baca tulis huruf hijaiyah dan juga poster–poster yang berisi huruf hijaiyah. Berdasarkan hasil wawancara penulis dengan ustadzah hanifah,s.pd. selaku kepala Paud al-muttaqin diperoleh informasi bahwa proses pembelajaran mengaji, khususnya mengenalkan huruf hijaiyah belum mendapatkan hasil yang maksimal, karena itu penulis bertujuan untuk merancang dan membangun apikasi belajar huruf hijaiyah berbasis android untuk menarik minat belajar siswa terhadap huruf hijaiyah dan media pendukung pembelajaran bagi ustadzah. Perancangan aplikasi menggunakan metode waterfall. Hasil dari penelitian ini yaitu telah berhasil dibangun aplikasi media belajar huruf hijaiyah.
Downloads
References
Arifianto, T. (2011). Membuat Interface aplikasi android lebih keren dengan LWUIT. Andi Offset, Yogyakarta.
Borman, R. I., & Putra, A. S. (2018). Game Pengenalan Huruf Hijaiyah Untuk Anak Autis Dengan Penerpan Pendekatan Edukasi Multisensori. 1994, 25–30.
Dini, L. A., Muryani, S., & Nisa, K. (2019). Aplikasi Interaktif Pengenalan Huruf Hijaiyah Sebagai Media Pembelajaran Anak. 3(4), 334–339. https://doi.org/10.30865/mib.v3i4.1381.
E-learning, A. P., Mandiri, P. S., Bahroni, I., & Purwanto, R. (2018). Mengenal Huruf Hijaiyah bagi Anak-anak Berbasis Mobile untuk Mendukung. 4(2), 163–172.
Fathoni, K., Utomo, A. B., Hangga, A., & Pamungkas, O. P. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Al-Qur’an Berbasis Android di TPQ Al- Falah Semarang. Edu Komputika Journal, 5(2), 110–116. https://doi.org/https;//doi.org.10.15294/edukomputika.v5i2.27165.
Fauzan, A., Arwani, I., & Fanani, L. (2018). Pembangunan Aplikasi Iqro’ Berbasis Android Menggunakan Google Speech. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer (J-PTIIK), 2(1), 29–35. https://doi.org/10.1136/thx.53.4.322.
Gunawan, W. (2019). Pengembangan Aplikasi Berbasis Android Untuk Pengenalan Huruf Hijaiyah. 6(1), 69–76.
Gunawan, W., & Wijaya, H. D. (2019). An Application of Multimedia for Basic Arabic Learning Using FisherYates Shuffle Algorithm on Android Based.ScholarsBulletin,9771,347–355. https://doi.org/10.21276/sb.2019.5.7.6.
Hakim, F. E. L., Informatika, P. S., Komunikasi, F., Informatika, D. A. N., & Surakarta, U. M. (2019). Game belajar mengaji berbasis android.
Iksan, M. (2017). Penerapan Metode Object Oriented Untuk Media Pembelajaran Bahasa Arab Kelas 1 Mts Raudatul Muta’alimin Probolinggo Menggunakan Google Speech Berbasis Android. Neliti.
Informatika, T., Atma, S., Pangkalpinang, L., & Belakang, L. (n.d.). Aplikasi Mobile Pembelajaran Hijaiyah Dan Iqra Sebagai Sarana Membaca Al- Qur ’ An Berbasis Android Pada Madrasah Ibtidaiyah Negeri Sungailiat. Pendahuluan Landasan Teori. 1–8.
Muhajirin, M., & Ratnawati, R. (2016). Pemanfaatan Aplikasi Berbasis Teknologi Informasi Dan Komunikasi Pada Taman Pengajian Al-Qur’an Nurul Muhammad Dan Miftahul Khair. Jurnal Inspiration, 6(2), 165–172. https://doi.org/10.35585/INSPIR.V6I2.2426.
Munir. (2012). Konsep & Aplikasi dalam Pendidikan Penulis Tahun Penerbit ISBN : Munir. Alfabeta, CV.
Muyaroah, S., & Fajartia, M. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android dengan menggunakan Aplikasi Adobe Flash CS 6 pada Mata Pelajaran Biologi. Innovative Journal of Curriculum and EducationalTechnology,6(2),22–26. https://doi.org/10.15294/ijcet.v6i2.19336
Nurcahyono, F. (2012). Pembangunan Aplikasi Penjualan Dan Stok Barang Pada Toko Nuansa Elektronik Pacitan. 4(3), 15–19.
Pendidikan, J., Biasa, L., & Sulistya, M. (2016). Jurnal Pendidikan Khusus Metode Iqro ’ Terhadap Kemampuan Membaca Huruf Hijaiyyah Anak Autis Diajukan kepada Universitas Negeri Surabaya Metode Iqro ’ Terhadap Kemampuan Membaca Huruf Hijaiyyah Anak Autis. 1–10.
Sari, D Megah, Rasjid, N. (2018). Membangun Aplikasi Pembelajaran Huruf Hijaiyah Berbasis Android Untuk Anak Usia Dini. Journal Of Computer and Information System (J-CIS), 0881, 19–27.
Sembiring, S., Woods, G. R. E., & Processing, D. I. (2013). Menyisipkan Pesan Teks Pada Gambar Dengan Metode End Of File. 45–51.
Susanti, L. I. A. D., Informatika, P. S., Komunikasi, F., Informatika, D. A. N., & Surakarta, U. M. (2019). Game Edukasi Mari Belajar Huruf Hijaiyah Untuk Anak Kelas 2 Sdlb B Yayasan Rehabilitasi Tuna Rungu Dan Wicara Surakarta. eprints.ums.ac.id.
Wibawanto, W. (2017). Desain dan Pemrograman Multimedia Pembelajaran Interaktif. Penerbit Cerdas Ulet Kreatif.
Yudhistira, R. J. (2019). Animasi Interaktif Pengenalan Huruf Hijaiyah Berbasis Android. V(1), 65–70. https://doi.org/10.31294/jtk.v4i2
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Infoman's : Jurnal Ilmu-ilmu Manajemen dan Informatika

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.