Sistem Informasi Pendaftaran dan Antrian Pasien Pada Klinik Dokter Menggunakan Komunikasi Data Internet

Authors

  • Irfan Fadil STMIK Sumedang
  • Atep Ruhiat STMIK Sumedang

DOI:

https://doi.org/10.33481/infomans.v12i2.16

Keywords:

Aplikasi Pendaftaran Pasien, Antrian Pasien, Android, Native Web View

Abstract

Penerapan Teknologi Informasi sudah masuk ke berbagai bidang dan mulai dirasakan manfaatnya. Hal ini mendorong beberapa pengembang teknologi Informasi untuk mengembangkan proses yang ada diperusahaan untuk memanfaatkan teknologi informasi. Salah satu bidang yang memanfaatkan teknologi ini adalah perusahaan di bidang Rumah Sakit/Klinik. Teknologi informasi digunakan dari berbagai sektor diantaranya administrasi rumah sakit, antrian pasien rumah sakit, manajemen pengelolaan rawat inap dan lain-lain. Pada Penelitian ini penerapan penggunaan teknologi informasi dilakukan dengan membuat suatu aplikasi tentang pendaftaran dan antrian pasien. Aplikasi ini dapat membantu administrasi bagian pendaftaran Rumah Sakit Umum Pakuwon sehingga diharapkan dengan adanya teknologi ini pasien dapat terbantu dalam segi waktu ketika berobat ke poli yang terdapat di Rumah Sakit Pakuwon. Karena Sistem yang sedang berjalan sekarang ini menemui berbagai kendala dan permasalahan. Adapun dari tujuan penelitian ini adalah untuk mengimplementasikan sebuah aplikasi pendaftaran dan antrian pasien sehingga pasien yang akan berobat ketika datang ke poli sudah langsung mendapatkan nomor antrian. Hal ini akan berdampak terhadap waktu tunggu masyarakat juga dalam mendapatkan nomor antrian. Aplikasi ini dibangun dengan teknologi komputer berbasis internet dan mobile. Aplikasi Pendaftaran dan antrian pasien ini dibangun dengan menggunakan bahasa pemrograman PHP dengan framework code igniter dengan didukung basisdata MySQL. Pengguna dapat mengakses aplikasi ini dengan menggunakan launcher aplkasi pada android. Aplikasi ini dibagi menjadi 3 jenis aplikasi yaitu aplikasi dengan hak akses sebagai pasien, aplikasi dengan hak akses sebagai bag. Pendaftaran, aplikasi dengan hak akses sebagai Assisten Dokter. Ketiga aplikasi ini memiliki keterhubungan dalam aliran datany

Downloads

Download data is not yet available.

References

[1] A.S, R., & Shalahuddin, M. (2015). Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur dan Berorientasi Objek. Bandung: Informatika.
[2] Effendi, M. (2015). Sistem Informasi Pendaftaran Rawat Inap Pada Rumah Sakit Permata Bekasi . Jurnal Fakultas Komputer Jurusan Sistem Informasi Universitas Mohammad Husni Thamrin Jakarta.
[3] Haryadi, D., & Solikhah. (2013). Evaluasi Sistem Informasi Pendaftaran Pasien Rawat Jalan Di Rumah Sakit Umum Pku Muhammadiyah Bantul . Jurnal Fakultas Kesehatan Masyarakat.
[4] Meinawati, D. K. (2013). Sistem Informasi Administrasi Dan Pendaftaran Pasien Pada Rumah Sakit Ibu Dan Anak Sadewa. Jurnal Fakultas Ilmu Komputer UDINUS.
[5] Rahmadi, C., & Hermawan, D. (2013). E-Business & E-Commerce. Yogyakarta: Penerbit Andi.
[6] S. Pressman, R. (2010). Rekayasa Perangkat Lunak : Pendekatan Praktisi. Yogyakarta: Andi.
[7] Simarmata, J. (2010). Rekayasa Perangkat Lunak. Yogyakarta: Andi.
[8] Sulianta, F. (2009). Web Marketing. Jakarta: Penerbit Alex Media Komputindo.
[9] J. C. Ellis, Heidi., Nevada, J. Fernando (2009). Software Engineering: Effective Teaching and Learning Approaches, Hershey: IGI Global.
[10] Pressman, Roger S (2005). Software Engineering: A Practitioner’s Approach, New York: McGraw Hill.
[11] DiMarzio, J.F (2008). AndroidTM: A Programmer’s Guide, New York: Mc Graw Hill.
[12] Sommerville, Ian (2007). Software Engineering (8th ed.), Harlow: Pearson Education.
[13] Team Dosen Ilmu Komputer. Modul Perkuliahan Analisa dan Perancangan Sistem Informasi. Universitas Mercu Buana. 2014

Downloads

Published

2018-11-15

How to Cite

Irfan Fadil, & Atep Ruhiat. (2018). Sistem Informasi Pendaftaran dan Antrian Pasien Pada Klinik Dokter Menggunakan Komunikasi Data Internet. Infoman’s : Jurnal Ilmu-Ilmu Manajemen Dan Informatika, 12(2), 83-92. https://doi.org/10.33481/infomans.v12i2.16

Issue

Section

Articles