Sistem Pelayanan e-Desa Berbasis Android

Authors

  • Harry Wichaksono Universitas Amikom Purwokerto

DOI:

https://doi.org/10.33481/infomans.v15i2.159

Keywords:

Aplikasi, Android, Flutter, Pelayanan Desa

Abstract

Gadget android sudah tidak asing lagi kehadiranya di masyarakat mulai dari kalangan muda bahkan sampai kalangan tua. Pemanfaatan teknologi kerap belum maksimal di pedesaan. Selama ini sistem di desa yang digunakan masih manual seperti pencatatan data dimana merupakan tanggung jawab pemerintah/kota yang pelaksanaanya diawali dari kelurahan selaku ujung tombak pendaftaran penduduk. Dalam pengajuan surat permohonan masyarakat mengalami beberapa kesulitan di antaranya proses lama, proses kurang efisien, alur yang kurang dimengerti dan terkadang tidak bisa mengurusnya secara langsung. Aplikasi pelayanan E-Desa berbasis android merupakan inovasi untuk memudahkan masyarakat dalam pelayanan pengajuan surat permohonan terhadap pemerintah desa sekaligus optimalisasi teknologi di bidang teknologi yang mana masyarakat bisa mengajukan permohonan dimanapun dan kapanpun. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalam waterfall adapun hasil dari penelitian ini adalah aplikasi dapat dibuat sesuai dengan metode pengembangan system dan telah diujikan menggunakan user acceptance test dan blackbox yang mendapat hasil 79.75% sehingga dapat di terima dan mudah dalam fungsionalitasnya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Rahmadani, T., Prasetyo, H. N., & Gunawan, T. (2019). Aplikasi Pelayanan Administrasi Desa Berbasis Web Studi Kasus: Kantor Desa Wates Kabupaten Tulungagung Application Of Village Administration Services Web Based Case Study: Wates Village Office Tulungagung District. eProceedings of Applied Science, 5(2).

Idrus, A. (2014). Pemanfaatan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Dalam Layanan Administrasi Akademik Terhadap Peningkatan Kinerja Di SMA Negeri Kota Jambi. Jurnal Tekno-pedagogi, 4(2).

Priyanti, D, & Iriani, S. (2013). Sistem Informasi Data Penduduk Pada Desa Bogoharjo Keccamatan Ngadirojo Kabupaten Pacitan. IJNS-Indonesian Journal on Networking and Security, 2(4).

Krisbiantoro, D., Imron, M., Riyanto, A. D., & Dewi, T. R. (2017). Implementasi XP Programming terhadap sistem informasi pelayanan publik administrasi desa berbasis web. In CITISEE-Conference on Information Technology, Information System and Electrical Engineering (pp. 308-317).

A.S Rosa & M.Shalahudin. 2013. Rekayasa Perangkat Lunak.Bandung: Informatika Bandung.

Published

2021-11-20

How to Cite

Wichaksono, H. (2021). Sistem Pelayanan e-Desa Berbasis Android. Infoman’s : Jurnal Ilmu-Ilmu Manajemen Dan Informatika, 15(2). https://doi.org/10.33481/infomans.v15i2.159

Issue

Section

Articles