Perbandingan Penggunaan Metode Topsis dan Metode AHP dalam Penilaian Kinerja pada Karyawan (PT XYZ)

  • Muh Akbar Tamrin Politeknik Pos Indonesia
  • Bayu Rizki Politeknik Pos Indonesia
  • Andres Nodas STMIK Likmi Bandung
  • Ali Rahman UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Esa Firmansyah STMIK Sumedang
Keywords: Metode Topsis, Metode AHP, Karyawan Terbaik, Penilaian Kinerja Karyawan

Abstract

XYZ merupakan suatu perusahaan yang bergerak di bidang kuliner, Saat ini proses penilaian kinerja karyawaan pada PT. XYZ belum ada sehingga pihak PT. XYZ merasa kesusahan dalam menilai karyawan nya sendiri, Melaksanakan pemilihan karyawan terbaik bukan saja memilih dan menetapkan karyawan yang tepat.Maka dari itu diperlukan sistem pendukung keputusan yang akan memudahkan pemilihan karyawan terbaik dan membuat keputusan yang efektif dan efisien. Metode Topsis dan metode AHP merupakan metode yang akan digunakan dalam memberikan rekomendasi karyawan terbaik sesuai dengan yang diharapkan. Pada penelitian sebelumnya, peneliti telah melakukan penerapan metode topsis dalam menentukan karyawan terbaik pada PT. XYZ berdasarkan kriteria yang telah ditetapkan untuk penilaian sebanyak 4 kriteria yaitu Kerjasama (C1), Kejujuran (C2), Tanggung Jawab (C3) dan Kedisplinan (C4). Hasil Akhir dari penelitian yang dibuat adalah membantu pihak PT. XYZ dalam merekomendasikan karyawan terbaik dengan menggunakan metode Topsis dan metode AHP, Berdasarkan hasil perangkingan metode Topsis dengan nilai tertinggi yaitu 0,8710 adalah Agus Septa Triana dan dengan nilai terendah yaitu 0,0801 adalah Tari Nuraeni. Kemudian berdasarkan hasil perangkingan menggunakan metode AHP dengan nilai tertinggi yaitu 0,23015 adalah Agus Septa Triana dan dengan nilai terendah yaitu 0,02692 adalah Anisa R. Kemudian membandingkan metode Topsis dengan metode AHP pada tingkat akurasi keputusan sistem dengan keputusan perhitungan perusahaan, Untuk hasil tingkat akurasi metode AHP yaitu sebesar 70 persen, kemudian untuk hasil tingkat akurasi metode Topsis yaitu sebesar 20 persen.

Downloads

Download data is not yet available.

References

I. R. Erlinda Listyanti Purwaningrum, M. Al Musadieq, Pengaruh penilaian kinerja terhadap semangat kerja (studi pada karyawan tetap pt. aggiomultimex)," Jurnal Administrasi Bisnis, pp. 1-10, 2014.

D. B. S. Clara Hetty Primasari, Analisis keuangan dan topsis implementasi untuk memilih the proposal investasi paling menguntungkan di pertanian kambing," Sistem Informasi dan Teknik Elektro (ICITISEE), pp. 51{56, 2017.

K. R. Houcine Belouaar, Okba Kazar, Pemilihan layanan web berdasarkan algoritma topsis," Konferensi Internasional tentang Matematika dan informasi Teknologi, pp. 177-182, 2017.

M. Z. Guangdong Tian, Honghao Zhang, Ahp, korelasi gray, dan topsis gabungan pendekatan evaluasi kinerja hijau desain alternatif," TRANSAKSI IEEE ON SISTEM, MAN, dan sibernetika: SISTEM, pp. 1-13, 2017.

R. C. A. C. M. H. S. Hoe Tung Yew, CS Kheau, Peningkatan-topsis berdasarkan serah terima skema untuk telemedicine service menggunakan wireless heterogen jaringan," Konferensi Internasional tentang Pengendalian Otomatis dan Sistem Cerdas (I2CACIS 2017), pp. 155{160, 2017.

A. A. Kaoutar JENOUI, Memperkirakan biaya kualitas tersembunyi pemasok dengan fungsi taguchi kehilangan kualitas dan metode topsis," 978-1-5386-08753 / 17 / IEEE, pp. 100{105, 2017.

V. Gupta, Seleksi jaringan 3g-wlan interworking lingkungan menggunakan topsis," Departemen Ilmu dan Informasi Komputer Sistem Birla Institute of Technology dan Sains, Pilani Pilani, India, pp. 155{160, 2017.

F. R. Indra Herman Firdaus, Gunawan Abdillah, Sistem pendukung keputusan penentuan karyawan terbaik menggunakan metode ahp dan topsis," SENTIKA 2016, pp. 440{445, 2016.

I. K. R. A. Made Astradanta, I Made Agus Wirawan, Pengembangan sistem penunjang keputusan pemilihan tempat kuliner dengan menggunakan metode ahp dan saw studi kasus : Kecamatan buleleng," Kumpulan Artikel Mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika (KARMAPATI), 2016.

R. A. Estining Nur Sejati Purnomo, Sari Widya Sihwi, Analisis perbandingan menggunakan metode ahp, topsis, dan ahp-topsis dalam studi kasus sistem pendukung keputusan penerimaan siswa program akselerasi," JURNAL ITSMART, 2013.

R. R. I. Ari Muhardono, Penerapan metode ahp dan fuzzy topsis untuk sistem pendukung keputusan promosi jabatan," Jurnal Sistem Informasi Bisnis, 2014.

F. R. Indra Herman Firdaus, Gunawan Abdillah, Sistem pendukung keputusan penentuan karyawan terbaik menggunakan metode ahp dan topsis," SENTIKA 2016, pp. 440{445, 2016.

A. H. Novita Andriyani, Perbandingan metode ahp dan topsis dalam penentuan siswa berprestasi," Seminar Nasional Teknologi dan Bisnis 2018, 2018.

N. S. Eko Nurmianto, Perancangan penilaian kinerja karyawan berdasarkan kompetensi spencer dengan metode analytical hierarchy process (studi kasus di sub dinas pengairan, dinas pekerjaan umum, kota probolinggo)," teknik industri, 2016.

D. H. S. Desi Ratna Sari, Agus Perdana Windarto, Sistem pendukung keputusan untuk rekomendasi kelulusan sidang skripsi menggunakan metode ahp topsis," teknologi dan sistem komputer, 2018.

J. M. Hongdong Wang, Linguistik-valued lattice implikasi aljabar metode topsis berdasarkan entropi metode berat," Konferensi Internasional tentang Sistem Cerdas dan Rekayasa Pengetahuan, 2017.

d. I. M. Juliyanti, Mohammad Isa Irawan, Pemilihan guru berprestasi menggunakan metode ahp dan topsis," Prosiding Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan dan Penerapan MIPA, Fakultas MIPA, pp. 63{68, 2011.

Published
2020-05-15
How to Cite
Tamrin, M. A., Bayu Rizki, Andres Nodas, Rahman, A., & Esa Firmansyah. (2020). Perbandingan Penggunaan Metode Topsis dan Metode AHP dalam Penilaian Kinerja pada Karyawan (PT XYZ). Infoman’s : Jurnal Ilmu-Ilmu Manajemen Dan Informatika, 14(1). https://doi.org/10.33481/infomans.v14i1.123
Section
Articles