Rekayasa Sistem Informasi Magang

  • Budi Widarsa Surya Universitas Padjadjaran
  • Yosep Nian Wijaya
Keywords: Sistem Informasi, Magang

Abstract

Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) yang begitu cepat mendorong setiap orang dengan sangat mudah untuk mengakses dan berbagi informasi melalui berbagai media yang tersedia.

Dunia pendidikan dituntut untuk selalu bersinergi dengan teknologi khususnya dengan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) dengan tujuan agar akses terhadap pendidikan tidak lagi terhalang oleh jarak dan waktu. Begitu juga dengan akses kemudahan terhadap suatu layanan menjadi perhatian penting dalam rangka meningkatkan suatu layanan prima, hal ini menjadikan keberadaan sebuah sistem informasi menjadi salah satu syarat penting dalam rangka mewujudkan sebuah tata kelola yang baik dalam sebuah organisasi.

Sistem magang yang saat ini berjalan khususnya di prodi Agroteknologi Fakultas Petanian Universitas Padjadjaran dianalisa masih terdapat beberapa kelemahan yaitu belum terbangunnya basis data perusahaan yang baik, belum adanya kepastian waktu pengambilan surat, dan belum tersedianya informasi kuota penerimaan jumlah yang magang di suatu perusahaan.

Riset ini memperbaiki titik-titik kelemahan tersebut, dengan cara membangun sistem informasi dengan basis data yang baik yang dapat menyimpan data yang dibutuhkan oleh pengguna tanpa adanya duplikasi dan redudansi, memberikan kepastian waktu pengambilan surat dan menyediakan informasi jumlah kuota pendaftar di suatu perusahaan sehingga akan mengurangi jumlah kunjungan ke prodi dan fakultas hanya untuk permasalahan magang saja.

Downloads

Download data is not yet available.

References

[1] Raymond McLeod. (1995). Jr., Management Information System A Study of Computer Based Information Systems. Prentice Hall, Inc.
[2] Roger S. Pressman. (1997). Software Engineering, a Practitioner's Approach. Fourth Edition. McGraw Hill.
[3] Roger S. Pressman. (1998). Software Engineering, A Beginner's Guide. McGraw Hill.
[4] Barbee Teasley Mynatt. (1990). Software Engineering with Student Project Guidance, Prentice Hall, Inc.
Published
2020-05-15
How to Cite
Surya, B. W., & Wijaya, Y. N. (2020). Rekayasa Sistem Informasi Magang. Infoman’s : Jurnal Ilmu-Ilmu Manajemen Dan Informatika, 14(1). https://doi.org/10.33481/infomans.v14i1.117
Section
Articles